Pengertian islam dan sumber hukum nya

 

                     Swasti Handayani Putri/JST/Pixabay

secara etimologi Islam berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata salima yang berarti selamat, sentosa dan damai. Dari kata salima kemudian diubah menjadi bentuk aslama yang berarti berserah diri masuk dalam kedamaian.

Secara terminologi, Islam adalah agama perdamaian. Dua ajaran pokoknya yaitu, meng esakan Allah dan menyatukan umat manusia agar saling hidup berdampingan secara damai dan sejahtera.

Islam bukan saja dikatakan agama seluruh Nabi. Melainkan segala sesuatu yang secara tidak sadar tunduk sepenuhnya pada aturan Allah SWT.

secara istilah Islam adalah nama suatu agama yang berasal dari Allah SWT. Hal demikian dapat dipahami melalui petunjuk dalam surat Ali Imran ayat 19 yang berbunyi:

اِنَّ الدِّيْنَ عِنْدَ اللّٰهِ الْاِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًاۢ بَيْنَهُمْ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ فَاِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ

Artinya: Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi Kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sungguh Allah sangat cepat perhitungan-Nya.


Sumber ajaran islam

Ada empat sumber hukum agama Islam yang menjadi pedoman bagi para ulama dan ahli hukum untuk menafsirkan dan mengeluarkan hukum untuk aspek kehidupan

1.Al-qur'an

Al Qur'an adalah kitab suci umat Islam. Al-Qur'an menjadi rujukan para muslimin untuk menjalani kehidupan di dunia.

Kitab ini menjadi sumber hukum Islam yang paling utama. Isinya mengatur tentang ibadah, hukum pidana, muamalah hingga etika.

2.Hadist

Hadist adalah perkataan, perbuatan, dan pernyataan dari Rasulullah SAW. Hadist mencerminkan bagaimana Rasulullah SAW menerapkan perintah-perintah Allah SWT dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

3.Ijma ulama

Ijma adalah kesepakatan para ulama mengenai suatu masalah dalam sudut pandang Islam. Ijma terbentuk melalui konsultasi dan diskusi para ulama yang didasari pada analisis Al-Qur'an dan hadis.

4.Qiyas

Sumber hukum Islam selanjutnya adalah qiyas (analogi). Qiyas merupakan bentuk sistematis yang telah berkembang dari ra'yu, yang memainkan peran yang sangat penting. Sebelumnya, dalam kerangka teori hukum Islam Al-Syafi'i, qiyas menduduki tempat terakhir karena ia menganggap qiyas lebih lemah dibandingkan ijma.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian islam dan sumber hukum nya.


Jika ada kesalahan mohon di maafkan. wassalam 🙏🙏

Wallahu a'lam.

Komentar